Kamis, 18 Juni 2015

                                      Tata surya

           


 A. pengertian.
             tata surya adalah susunan yang terdiri dari matahari sebagai pusat dan benda-benda langit yang bergerak mengelilinginya. teori pembentukan tata surya :
a. teori geosentris, menyatakan bahwa bumi adalah pusat jagat raya dengan matahari,bulan,planet lain,dan bintang bergerak mengelilingi bumi. pencetusnya Aristoteles dan Ptolomeus.
b. teori heliosentris, menyatakan bahwa matahari adalah pusat jagat raya dan bumi,bulan, planet lain,dan bintang edar mengelilingi matahari. pencetusnya nicolas copernicus dan Galileo  galilei.

B. MATAHARI
    matahari termasuk bintang, yaitu benda langit yang memiliki sumber cahaya sendiri. susunan lapisan matahari:
a. inti matahari adalah lapisan paling dalam dari matahari dengan suhu dapat mencapai 15.000.000c. lapisan ini merupakan tempat terjadinya reaksi  nuklir fusi yang disertai dengan pelepasan energi yang sangat besar.
b. lapisan fotosfer adalah lpisan permukaan matahari yang dapat mengeluarkan sinar. gas-gas dalam fotosfer memancarkan cahaya yang sangat kuat sehingga tampak berwarna kuning.
c. lapisan kromosfer adalah lapisan matahari yang mengeluarkan cahaya merah lemah. sinar dari lapisan ini hanya dapat dilihat saat gerhana matahari total.
d. lapisan korona adalah lapisan terluar mmaahari, yang bagian dalamnya berwarna kuning dan bagian luarnya berwarna putih. lapisan ini hanya dapat dilihat pada saat matahari total.

Aktivasi matahari:
a. noda hitam(sunspot) adalah daerah yang tampak gelap dari matahari.
b. gumpalam (granula) adalah gas panas yang mengepul dan bergumpal-gumpal pada fotosfer.
c. lidah api (prominensa) adalah lompatan api yang menjulur dari fosfer sampai keluar matahari.

beberapa gerakan planet :
a. rotasi dalah gerakan planet pada poros/sumbunya.
b. revolusi adalah gerakan palanet mengelilingi matahari.
c. kala rotasi adalah waktu yang diperlukan untuk satu kali berputar pada porosnya.
d. kala revolusi adalah waktu yang diperlukan untuk satu kali  berputar mengelilingi matahari.



1. MERKURIUS.
 merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari merkurius merupakan planet kedua yang terkecil. merkurius merupakan planet yang paling terang.. jarak matahari dengan merkurius adalah 57,9 juta km. kala  rotasi merkurius 59 hari dan kala revolusinya 88 hari planet ini tidak memiliki satelit.

2. VENUS
      venus merupakan planet yang letaknya antara merkurius dengan bumi. venus adalah planet putih yang bercahaya terang dengan nama lain BINTANG FAJAR, BINTANG  TIMUR, BINTANG BARAT, BINTANG SENJA,BINTANG KEJORA. jarak venus dengan matahari adalah 108,2 juta km. kala rotasi venus adalah 243 hari dan kala revolusinya 224,7 hari. planet ini tidak mempunyai satelit .

3. BUMI
     adalah satu-satunya planet yang terdapat kehidupan, atmosfet terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas lain. bidang edar/orbit bumi disebut ELIPTIKA. jarak bumi dengan matahari 150 juta km. rotasi bumi adalah  24 jam dan kala revolusinya 365 1/4 hari dan ditetapkan satu tahun. planet ini memiliki satu satelit yaitu bulan

4. MARS
        planet ini juga disebut planet merah. warna merah tersebut berasal dari debu merah karat yang menyelimuti mars. kala rotasi mars adalah 24,6 jam dan kala revolusinya adalah 687 hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar